Senin, 15 Oktober 2012


10 Tips Mengatasi Komputer Hang

1.SOFTWARE
 Penyebab komputer sering hang adalah software yang kita install tidak support system operasi.Untuk itu periksa terlebih dahulu apakah OS PC (Mac, Windows, Linux, dsb) dan cek systemrequirement untuk hardwarenya.

2
.VIRUS
  Virus yang menyerang sistem bisa dan selanjutnya menghapus bebarapa file penting darisistem sehingga menyebabkan sistem tidak bekerja . Untuk itu lengkapi komputer dengan antivirus yang selalu terupdate.

3
.RAM
 Kondisi RAM (Random Access Memory) yang lembab dan kotor dapat menyebabkan komputerberhenti bekerja tiba-tiba bahkan blue screen atau restart. Hal ini disebabkan pemasangan lebihdari satu memory kadang menjadi pemicu masalah di kemudian hari, apalagi jika dua memoriidak benar-benar identik. Cabut dan bersihkan memori dengan hati-hati lalu tancapkan kembali.Cek dan ganti RAM dengan spesifikasi yang sama jika kita memasang 2 keping RAM yangberbeda.
4
.HardwareKonflik
 Setiap hardware berkomunikasi dengan perangkat lain melalui IRQ (interrupt request channel)dan harus unique (berbeda satu dengan lainnya)? untuk setiap perangkat. Misal,? Printerbiasanya menggunakan IRQ 7, Keyboard menggunakan IRQ 1, Floppy menggunakan IRQ6.Setiap perangkat menggunakan IRQ nya masing-masing secara otomatis. Apabila komputeranda memiliki banyak perangkat atau perangkat tidak terinstall dengan baik, maka yang terjadiadalah adanya pembagian IRQ untuk lebih dari 1 perangkat. Dan saat anda mengakses keduaperangkat yang menggunakan IRQ yg sama tersebut maka akan ada kemungkinan Windowsakan Crash. Inilah yang menyebabkan komputer menjadi hang atau macet. Cek dengan cara :1.?KlikStart2.?Setting3.?ControlPanel4.?System5.?DeviceManagerKemudian perhatikan apakah ada tanda ! berwarna kuning dalam segitiga. Jika ada, installulang driver harware tersebut dan pastikan driver terinstall dengan benar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar